MENUNTUT ILMU DI SASTRA INGGRIS


Siang hari di musim Panas. Pertengahan bulan September di Makassar. Sekumpulan remaja pencari hakekat kehidupan, berjalan dengan langkah malu-malu, menerobos pintu status yang baru. MAHASISWA. Sebuah status dimana keremajaan akan berganti kedewasaan. Kedewasaan berpikir, meneliti, mencari tahu, bergaul, dan lain sebagainya.

Sastra Inggris, Universitas Hasanuddin. Terowongan baru yang akan kumasuki untuk menuju masa depan. Meraih cita-cita menjadi seorang The Master of English. Dalam teriknya siang yang membakar, aku melangkahkan kaki menuju tempat yang akan menjadi tempatku menuntut ilmu.

’Selamat Datang Wahai Para Pejuang!’ begitulah kata-kata sambutan para pepohonan, jalan-jalan, angin segar dan gedung-gedung yang berpijak di bumi kampus Merah Hitam itu kepada para Mahasiswa baru. Terlihat di dalam kampus, ratusan penuntut ilmu bertebaran di berbagai penjuru. Sambil membawa buku di tangannya. Mereka baru saja selesai meraih ilmu yang dicarinya selama beberapa jam saja.

Ada yang tersenyum menyambut kami para anggota baru, ada yang cuek saja, dan kadang ada yang melihat dengan mata sinis seolah berkata ‘Dasar Pengecut!’. Jelas kami memang berbeda dengan mereka. Mereka penuh perjuangan melawan rintangan hidup menembus udara Unhas, tetapi kami adalah para pejuang yang kalah saat melawan soal-soal pada waktu Ujian SPMB. Mungkin mereka benar, kami memang pengecut. Tapi, mungkin juga pikiran mereka bertentangan dengan pikiran kami yang menganggap meraih kemenangan tidak segampang yang mereka bayangkan. Kami juga manusia biasa dan bukan seorang superior. Kami punya kemampuan terbatas untuk meraih bintang, bahkan mungkin karena persoalan dewi fortuna saja, atau karena takdir yang buruk kami pilih.

Walaupun begitu, bisikan para dedaunan dan gedung-gedung itu sangat menghibur hati. ‘Tenanglah wahai para pejuang! Banyak jalan menuju puncak keberhasilan. Jika niat dan tekad masih berkobar di dalam dadamu, maka tempuhlah jalan itu. Niscaya kemenangan berada di tanganmu!’ jadi, aku teruskan berjalan dan akhirnya duduk di kursi yang sama dengan para pemenang di masa itu sambil tersenyum dan merekam ilmu yang diberi oleh para dosen. ‘terima kasih wahai motivator sejati’ kataku dalam hati.

Selang beberapa bulan menuntut ilmu di Universitas ternama ini, banyak hal yang kudapatkan. Teman-teman yang baik, para dosen yang ramah dan berjiwa sastra, dan pelajaran-pelajaran yang berguna.

Yang paling berkesan dalam sastra Inggris ini adalah pesan-pesan dosen yang menyentuh hati dan menjadi motivator dalam meraih harapan. Diantara pesan-pesan itu ada yang berbunyi ”jangan malu berada di sastra, karena dengan kata dunia bisa ditaklukkan!” ada juga yang berkata ”jika mencari teman, carilah yang baik tutur bahasanya. Karena dengan bahasa yang baik, tercermin ilmu dan kepribadiannya”. Jadi, sangat mengasyikkan berada di sastra Inggris ini. Selalu mendengar bahasa yang indah sehingga kami takluk oleh perkataan dosen dan bersemangat untuk belajar.

Selanjutnya, aku menapaki Unhas, menuntut ilmu bersama teman-teman yang juga penggemar kata-kata indah. Kami shalat bersama, makan bersama, hingga membentuk kelompok belajar.

Aku rasa, aku tidak akan menyesal berada di ruangan ini. Yang juga sebagai mahasiswi Unhas. Walaupun bukan pejuang yang tangguh, tapi kembali lagi pada niat, niat karena Allah dan orang tua. Jadi, aku rasa, aku juga akan bisa menggapai bintang seperti mereka yang sudah menjadi bintang. :-)

Untuk adik-adik calon pejuang pencari hakekat hidup dan memiliki tekad yang kuat untuk mencari ilmu, dimanapun kalian kuliah tidak peduli swasta atau negeri, yang menentukan masa depan kalian bukanlah kampus yang kalian bangga-banggakan, tetapi tangan-tangan kalian sendiri, apakah tangan-tangan itu sudah mengukir prestasi atau hanya mencatat di atas buku setelah itu tinggal menjadi tulisan-tulisan yang akhirnya berdebu jua. Perlu kalian ingat, pendidikan adalah tiket menuju masa depan yang cerah. Jadi kita semua memang harus antri agar dapat naik kereta menuju masa depan cerah kelak. Jangan instant atau nyelonong begitu saja. Usaha kalian lah yang akan menjadi jaminan apakah kalian benar-benar seorang mahasiswa atau ‘sekedar mahasiswa’. Jangan terlalu cepat bergantung pada teman. Ingat yang kuliah itu bukan teman kalian saja, tetapi kalian juga kuliah. Sadarilah. Dan ingat pula di departemen manapun kalian berpijak, tekunlah dan rancang masa depan sebaik mungkin agar tidak kehilangan arah. Jangat setengah-setengah. Kemudian, peganglah prinsip bahwa dengan menjadi mahasiswa bukan berarti kalian sudah sukses sampai disitu, tetapi setelah kalian tamat dengan ijasah yang memuaskan serta berhasil mempertanggungjawabkan dengan mendapatkan pekerjaan yang layak dan mengabdi kepada masyarakat, itulah kesuksesan kalian sebagai mahasiswa sejati. Keep spirit to achieve your dreams friends… Ok!!!

About these ads

94 thoughts on “MENUNTUT ILMU DI SASTRA INGGRIS

  1. anno…saya mahasiswa baru sastra Inggris UB..
    emang masuknya lewat SPMB, pilihan pertama lagi, tp perasaan saya ga bisa ditipu…saya bukan pecinta sastra. Apa saya sudah salah langkah?
    tp dipikir lagi, saya nggak tertarik masuk jurusan manapun…hah jadi benci diri sendiri.
    Gua emang pengecut ga bersukur..

  2. angkatan berapa? sebelumnya thanks for visit my blog. Gini.. sebenarnya ussi perlu sadari dulu apa cita-cita ussi. Ussi menjadi mahasiswa karena apa? jangan sampe cuma ikut-ikutan biar nggak nganggur. Saya yakin Ussi punya cita-cita. Memang kadang-kadang mahasiswa sekarang mau jadi mahasiswa biar nggak nganggur ato biar masuk di perguruan tinggi yang favorit. Sebenarnya pemikiran seperti itu sangat keliru. Menjadi mahasiswa itu sangat berkaitan dgn masa depan seseorang. Skarang ussi ada di sastra inggris kan? Nah.. mumpung belum terlambat, ussi dari saat ini harus punya cita-cita di bidang ini. Klo nggak cocok lebih baik kuliah di jurusan yang ussi suka dan sesuai dengan kompetensi ussi. Misalnya ilmu sains ato sosial. Karena tetap dipaksakan kuliah di jurusan yg tidak kita senangi malah hasilnya bisa tidak maksimal. Tapi, asal ussi tau semua jurusan itu baik tergantung dari pembelajar itu sendiri apa ia mau tekun di bidang itu ato tidak. Dan menurut saya sastra inggris itu juga bagus. lapangan kerjanya banyak. Yang penting ussi mau tekuni. jangan pesimis dan pasrah gtu aja. harus ridho, optimis serta terus berusaha. OK!! SMANGAT!! ;-)

  3. Hi..
    First of all
    how do you do?
    Salam kenal..
    Thanks for visiting this blog

    Anyway, one way to be never give up in learning in English Department is you must love your major. You must love English. After that, i belive you will enjoy learning and never give up at all.
    Then, you must have a dream in the future, what will you be? for example you want to be an intepreter or guide, you must improve translation subject. And always keep learning from other media that you interested in like listening western songs, reading Jakarta Post or article from the internet, and never stop to practise your speaking with your friends. Last but not least try to write something with English. I’m sure you’ll be success in English Department.

    Okey!!
    See ya..:-)

  4. Ass….
    Aku Pungki…aku punya masalah dgn kuliah ku….Sbnrnya Aku terpaksa kuliah di jurusan sastra inggris.. Jujur Aku gak tertarik dgn kul. ini, tapi mungkin takdir telah menulis kan kalo Aku hrs kul.disini….2 X gagal mengikuti seleksi UM UPI jur.Pend. Biologi, padahal Aku suka bgt m pel.itu. Tp knp Aku gak Lulus???Aneh bgt, jur. yg aku gak suka bisa Lulus????Mengapa demikian???Tolong kasih masukan biar aku kerasan kuliah di jurusan sastra inggris.Trm ksh….

  5. Mmm… cukup kontras ya dengan minat kamu. kalau memang tidak suka dengan kuliah ini, waktu milih jurusan mestinya milih yang setara dengan biologi, setidaknya yang ada hubungannya dengan IPA. Seperti Fisika, Kimia atau jurusan lain yang Pungki suka sebagai pilihan alternatif.

    Sekarang dah semester berapa? Kalau masih semester2 awal, masih ada kesempatan untuk berubah pikiran.
    Soalnya gini, kuliah itu bukan sekedar nyari gelar sarjana. Tetapi lebih kepada menuntut ilmu sebagai bekal masa depan. Nah kalau dari awal aja dah gak tertarik dengan mata kuliahnya, Pungki bisa jadi tidak fokus dengan kuliah, nilai2 IP kurang memuaskan, dan sampai akhir cuma jadi sarjana yang sebenarnya tidak Pungki harapkan. Bahkan kerja pun terkatung-katung karena Pungki berada di bidang yang sama sekali Pungki tidak minati. Karena pada dasarnya yang bisa mensukseskan itu berawal dari minat –> fokus –> berjuang –> bertahan –> berhasil. Kecuali kalau Pungki adalah orang yang sanggup beradaptasi dengan perubahan, mampu bertahan dan bisa merubah tantangan jadi peluang. Itu yang justru jarang dilakukan banyak orang sehingga dapat menjadikan Pungki orang yang sukses dengan penuh nilai juang yang tinggi.

    Terus terang nih ya, jadi mahasiswa sastra Inggris tidak ada ruginya kok. Mata kuliahnya asyik. Bisa membuat kita mempelajari karakter orang, kita bisa kenal lebih banyak budaya dan sejarah serta peradaban di dunia ini. Kalau masalah pekerjaan, insya Allah mahasiswa sastra Inggris bisa diterima dimana aja. Malah sekarang lulusan bahasa inggris lagi dicari2. Seperti jadi Instruktur bahasa inggris di tempat kursus, interpreter, penerjemah, guide, penulis, mengajar, bahkan banyak yang kerja di perusahaan atau di bank. Tergantung lagi dari keterampilan kita dan penguasaan ilmu yang kita dapatkan di bangku kuliah. Nahh yang jadi masalah kalau Pungki orientasinya ingin jadi ilmuwan atau scientist. Itu yang sulit diperoleh kalau kuliah di sastra Inggris.

    Gini aja deh, Selesaikan saja kuliah Pungki sampai semester 2, nanti ditimbang2 lagi. Kalau mulai suka, lebih baik Pungki lanjutkan dan cari sebanyak2nya alasan mengapa kuliah di sastra inggris. Tapi, Kalau sama sekali tidak berminat, lebih baik ikut ujian lagi untuk bisa jadi mahasiswa biologi di universitas kamu, atau di universitas lain yang kamu senangi.

  6. hi..aq dari papua sastra inggris jg..aq mau nanya..bisa gak ya aq transfer ke sastra inggris unhas? soalx aq udah semester akhir dan mata kul ku dah lulus semuax 144 sks, but i want to get something new, maksudnya,aq ingin cari sesuatu pengalaman belajar yg lain dr kampusku di papua. gimana ya? ngulang mata kul skil yg beda jg gak papa kok..

    • @ Ivanna: Mmm.. menurut aku sih nanggung. Lebih baik cepat2 sarjana n ngambil kuliah S2 di Unhas atau di universitas di Jawa. Gimana usulanku?? ^_^

      @ Mut: Sure you can. I have the same dream as you. And during studying in English department and never stop learning, nowadays I become an English teacher. Can you imagine that?? Just believe in yourself. Pasti bisa. ^_^

  7. Aku lagi bingung nih,cita2ku sebenernya pengen banget jadi penulis.N pengen masuk jurusan sastra inggris.Tapi juga tertarik desain komunikasi visual soalnya seneng gambar2.Malahan udah diterima di Stt Telkom.Waah bingung banget pokoknya!

    cuma mo nanya ajah,kalau jurusan sastra itu belajarnya kya bahasa inggris waktu di sd-sma gak sih? atau beda?

  8. @Rangga: Wahh.. beda.. Kalo di universitas bukan belajar kayak sd sampe sma lagi. mahasiswa disuruh meneliti, presentasi, membedah karya sastra Inggris dan Amerika, Analisa bunyi, bentuk kata bahasa Inggris sampai memngolah kalimat. Pokoknya jadi mahasiswa sastra Inggris ilmunya banyak. Dari sejarah, budaya, bahasa sampe filsafat semua dipelajari. Materinya semua pake bahasa Inggris kecuali mata kuliah umum. Yang tidak ada di sastra inggris cuma ilmu berhitung. hehehe
    Belajar di sastra inggris sangat cocok bagi penikmat sastra, kritikus sastra, yang bercita-cita jadi penulis, budayawan, filosof, sastrawan, instruktur bahasa inggris, guide, penerjemah, dan banyak lainnya. ^_^ bagi yang tertarik belajar sastra dan ingin memperdalam bahasa inggris, sangat disarankan untuk kuliah di sastra inggris.

  9. ass..
    aku nisrin,skr da kls 3 sma..
    sdg bngung m’mlih prodi utk kuliah..
    aku suka dgn bhs.inggris,dan diantara
    smua peljran cm bhs.inggris yg lmyn q bs,,

    maunya nglanjutin kliah di sasing..
    tp jd bngung antara sastra ato ambil pndi2kannya..

    please help me..
    hope you give me some explanation both..
    thx before.

  10. @ Nisrin: Mmm.. sepengetahuanku, sastra inggris ma pendidikan bahasa inggris emang beda sih. Tapi yaa.. sama aja sebenarnya hehehe ^_^
    Kalo sastra inggris: selain banyak belajar bahasa inggris, kita juga belajar sastra inggris dan amerika, budaya, filsafat, dan banyak lainnya. Makanya banyak lulusan sastra inggris bisa dierima dimana aja.
    Kalo pendidikan bahasa inggris: setahu saya orientasinya jadi guru. mungkin banyak belajar bahasa inggris dan ilmu mengajar. sangat cocok bagi mereka yang mau jadi guru atau dosen.

    Jadi terserah Nisrin aja, cita-citanya mau jadi apa. klo pengen jadi guru, lebih baik masuk di jurusan pendidikan bhs inggris. Tapi klo mau jadi sastrawan, budayawan dan yang bergerak di bidang filsafat atau sejarah atau bahasa inggris seperti guide, interpreter, guru, bisa pilih jurusan sastra inggris. Asal kalo kuliah nanti, harus serius ya. jangan setengah2. ^_^ Good luck

  11. Ehm..menyambung yg td..pada mulanya sih aq ngerasa nanggung sih,tp di lain sisi aq ngerasa di papua yg aq dapetin masih minim kurang banget, jd pertanyaan qu, seandainya..seandainya yah..kalau aq transfer dgn mata kul yg ke 144 sks tu dah selesai kira2 ada gak sih mata kul yg harus ku ulang dan berapa lama waktu yg di bthkan untuk ngulang, jujur ya siapa seeh yang gak ingin dapetin ijazah n gelar sarjana dr kampus high quality kyh UNHAS..di papua sangat di perhitungkan lho…!

  12. @Ivana: 144 sks, kamu dah bisa ikut KKN Profesi. Kamu tinggal kuliah beberapa mata kuliah lagi sampai SKS kamu dah cukup 155, tuh dah bisa buat skripsi. 1 smester lah bisa.

  13. Ass..kak..
    Aku sekarang naik ke klas 2 smk jur akuntansi tp nanti aku mau melanjutkan ke jurusan sastra inggris…ortu jga udah ngasih ijin buat masuk jur sastra inggris asal aku bisa buktiin kalo aku bisa masuk sastra inggris…
    Yg mau aku tanyain kak…
    1.Yang di pelajari di sastra inggris tu pa ja sih kak??
    2.Klo mau masuk jur sastra inggris tu seleksinya gmn kak??Trus pelajaran yg di buat seleksi tu pa ja byar bsa di siapin dari skrang…
    Kak,,aku agak sedikit pesimis nih..Aku kan dari smk otomatis pelajaran bahasa inggrisnya gak sma kyak di sma ku takut gak bisa masuk sastra inggris..
    Kasih saran yah kak..Makasih kak :D

    • @Nabilah: Wah.. minat ya jadi mahasiswa sastra inggris? Mmm.. di sastra inggris itu, kita blajar banyak hal. Sejarah, sastra, filsafat, budaya amerika dan inggris dan banyak lainnya. bahkan karakter manusia juga kita pelajari di sastra inggris. tapi mesti bisa baca artikel bahasa inggris. saran saya, adek mesti perbanyak kosakata inggris biar nanti bisa mudah memahami bacaan2 bahasa inggris baik tentang sejarahnya, cerita pendeknya dan sebagainya. Setahu saya sekarang untuk ujian masuk universitas seleksinya makin ketat. Selain tes pelajaran umum (matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris), IPA & IPS plus tes TPA. Banyak2 belajar aja dulu di SMK. Kalo pelajaran SMA dah dikuasai Insya Allah mudah mengikuti Ujian masuk universitas. Okeh!! Smangat! Good Luck yaghh ^_^

  14. assalamualaikum,,,
    menurut kk…lebih bagus yang mana???
    sastra inggris..atau…pendidikan bhs.inggris?????
    dan kalau pendaftaran di UNHAS kapan dibuka???

    • @Wawan: wa’alaikum salam.. antara sastra inggris dan pendidikan bahasa inggris ya? Mmm.. itu tergantung dari minat kamu ajah. Kalo pendidikan bahasa inggris itu setahu sayalebih fokus pada mereka yang minat jadi guru bahasa inggris. jadi yang dipelajari semua aspek tentang bahasa inggris secara gramatikal. Kalau sastra inggris, selain belajar bahasa inggris, juga mempelajari sastra, budaya, sejarah dan kehidupan masyarakat inggris dan amerika. Jadi tergantung kamu ajah, mau fokus pada pelajaran bahasa inggrisnya atau mau belajar tentang bahasa inggris dan budaya inggris-amerika.
      Lapangan kerja jurusan sastra inggris juga banyak kok. selain jadi teacher di english course, juga bisa jadi interpreter, tour guide, guru, dan banyak lainnya. tergantung dari skill kamu juga sih. Karena saya mahasiswi sastra inggris jadi ya pasti saya pilih sastra inggris yang lebih bagus. hehe :-) Tergantung minat kamu aja dek. Ohya pendaftaran mahasiswa baru sama seluruh indonesia. Juni sampai Juli. Akhir Agustus biasanya dah masuk kuliah. Moga sukses yagh!! ^_^

  15. Ooo,,, kalau begitu saya pilih Sastra Inggris aja deh, selain udah niat, biar bisa ketemu kakak juga,,, hehehe,,,

    Kalau gitu makasih sebelumnya ya kak,,,

    WAIT ME THERE!!! ^_^

  16. asslkm…

    subhanalloh,blog nya bagus…sbelumnya maaf ya, saya nggak sengaja masuk blog ini…
    kbetulan ketika browsing nyari materi tentang “konflik” untuk mata kuliah “human factor”, eh malah nyasar ke blog ini…
    mau konsult nih, saya kuliah di teknik penerbangan (aeronautika). Saya punya masalah di bahasa inggris sedangkan di penerbangan mesti bisa bhasa inggris. teteh Bisa bantu, gimana cara yg paling efektif agar bisa menguasai b.Inggris (aktif) ??
    syukron ya… :)

  17. Ass kak…
    Masih inget akk kak?? . . .
    hehehehe
    Kak,,akk da msalah lgi nih. . Bntuin ya kak. .
    Gni kak ortu ku nyuruh akk bwt ambil pend.bhasa inggris aja. .
    Kata beliau kalo perempuan tu enaknya jd guru biar nanti bisa bagi waktu sma kluarga. .
    Tp akk udah kpengen banget masuk sastra kak. .
    Gmn kak??
    Akk harus nurut ortu pa te”p pd pndirian ku. . .
    Akk bngung nih kak. .
    Pd dasarnya apa sich perbedaan dan persamaan dari pend dan sastra bahasa inggris kak??
    Thanks atas bantuannya. .

  18. @Nabila: Ehmm… gimana yagh. Coba ikutin apa kata ortu kamu. Gak ada ruginya kok milih jurusan pendidikan bahasa inggris. Malah lapangan kerjanya dah pasti. Bisa jadi guru atau dosen. Intinya kalau Nabila niat jadi guru atau pengajar, sebaiknya emang milih jurusan pendidikan. Kalau sastra Inggris, kebanyakan belajar sastra, budaya, filsafat dan bahasa inggris. Yang jelas apa yang ditunjukkan oleh orang tua itu pasti bagus. Gimana?

  19. biar lebih berwarna , beda dikit ga papa yah. kalo kuliah khusus bahasa duh……. kayanya ga asik sekali……(eit.. hold on no offense) aku ga tau ngerangkai katanya kaya gimana but let say.. u kuliah English karna lo pengen bisa memahami,berinteraksi,komunikasi,mengerti English kan??? sampai disini ok lah lo ahli deh… ankat topi deh… , tapi lepas dari itu ketika orang bicara hukum,ekonomi,engineering, lo ga bisa bicara banyak (yah……toleransi dikitlah buat yg ngambil sastra heheh). tapi kalo lo kuliah ngabil jurusan hukum/ekonomi/engineer, mau ga mau wajib binti absolutely u learn English karna gara2 mainan yg di sebut internet ini bikin dunia jadi sempit………

    duh,… lanjut lagi tar yah.. kawan ngajak kabur.

    love u amstrong

  20. @Ulvan: Ku sepakat ma kamu. Kalau belajar bahasa ya bahasa aja. Gak bisa ngomong Hukum, Ekonomi maupun teknik. Kalau jurusan lain mesti ngerti English karena secara itu adalah tuntutan global. Kalau gak ngerti English di abad sekarang, aduh.. bisa rugi di masa depan kalau sudah berinteraksi dengan apapun yang berkaitan dengan teknologi dan sumber daya manusia. Mmm.. apa yang bisa kusimpulkan dari pendapat Ulvan adalah bahwa setiap ilmu itu pada dasarnya saling berkaitan. Tergantung masing-masing orang ber-orientasi pada apa. Yang pastinya karena tuntuntan global, tiap orang yang mau melenggang ke dunia nasional maupun internasional yahh harus belajar English. Tapi bagi tiap orang yang bidangnya pada masa kuliah adalah bahasa, hukum, dan sebagainya tetapi mau mengetahui tentang kondisi ekonomi, bisnis, kesehatan atau apalah yahh mesti banyak-banyaklah baca buku, dengar radio, browsing dan nonton berita. Itu namanya anak gaul. ditanya tentang apa aja ngerti karena wawasannya luas.
    But, sebenarnya kalau kuliah di jurusan bahasa khususnya kalau mau mendalami bahasa, ada mata kuliah yang namanya English for Specific Purposes. Nah di sini bagi siapa aja dari bidang manapun yang mau mempelajari bahasa inggris, nah boleh ngambil kuliah ini. juga untuk mereka yang kuliah di jurusan bahasa, jika mau mengetahui banyak tentang bidang lain, juga bisa ngambil kuliah ini. Jadi saling menguntungkan. Anak hukum tahu english di bidang hukum. Anak bahasa tahu hukum karena English. gitu ceritanya.
    Gimana menurut Ulvan??? :-)

  21. Hai uchie, salam kenal ya dari Ucik,,
    Hehehe,,ada kmiripan nama nie di qt,,dan ternyata pemikiran qt jg nggak jauh beda ya^_^
    Kbetulan ni q lagi dilema jg mo milih jurusan, antara Sastra English atwkah Pendidikan Bahasa Inggris?? Aq ini lulusan mahasiswa D3 sastra inggris, berencana mo transfer S1. Saat ini q jg seorang karyawan swasta yg tiap hari kerja senin-jum’at jam 08.00 s/d 17.00. Tp minat q buat transfer S1 nie gede bgt. Skrg q berencana mo nerusin kuliah lagi, ambil perkuliahan mlm jam 18.00 s/d 21.00,,,senin ampe’ jum’at jg. Setelah baca2 comment2 sbelumnya, emg bner jg ya,,q cmn mo ikut ngucapin thx aja ya buat masukan2 atas pertanyaan yg sama dgn pertanyaanq,,jd sdikit membantu buat pertimbangan aq,,Alhamdulillah mnemukan blog qm,,,^_^

    • Makasih juga dah mengunjungi blog sederhana ini. Yang jelas, Ucik harus pilih yang sesuai dengan kata hati. Bagaimanapun juga saya cuma memberi referensi yang sesuai dengan pengalaman dan hanya sebagai bahan pertimbangan. Kalau setuju ya boleh diambil kalau tidak setuju juga tidak apa-apa. Semoga apa yang dipilih oleh Ucik adalah yang terbaik untuk masa depan dan Ucik bisa menjalaninya dengan senang hati. :D

  22. Kak, salam kenal sblumnya. Blog kakak bgus banget. Aku gak sengaja msuknya.. :D
    Kak, aku nak kls 3 SMA. Kalau misalnya ambil SASTRA INGGRIS, bisa jadi guru negeri kayak pendidikan inggris gak? Makasih.

    • Sebelumnya makasih yah adek Novi dah mampir di blog ini. Rekomendasi saya ada 2:
      1. Sebaiknya sekarang adek fokus untuk ujian nasional. Jangan dulu mikirin kuliah.
      2. Kalau minat jadi guru, sebaiknya adek milih jurusan pendidikan bahasa inggris. Biar gampang,. karena adek akan belajar tentang ilmu ngajar. Tapi kalau tertarik dengan sastra, boleh lah ambil sastra inggris tapi gak ada ilmu khusus ngajar di jurusan itu. Sebenarnya kalau jadi guru negeri tergantung juga dengan institusi atau sekolah yang ingin adek tempati buat ngajar. meskipun bukan dari jurusan pendidikan tetapi kalau pihak sekolah melihat potensi adek jadi guru, insya Allah akan dijadikan guru honor maupun tetap. Juga tergantung nanti kalau misalnya adek lulus tes CPNS. Dengan kelulusan adek, pemerintah akan menempatkan adek di sekolah-sekolah negeri di kota adek ataupun di daerah.
      Hemat saya, adek kembangkan saja semua potensi yang adek miliki baik itu potensi bahasa inggris maupun hubungan dengan masyarakat. Insya Allah akan jadi guru yang baik di sekolah.
      Gitu aja dari saya. Semoga sukses ya dek… :-)

  23. ass…
    nice to see u sist… actually, i’m not serious to read your blog, but it’s so interesting.
    im english student in school of foreign language in Jakarta now im in first smester..
    i want to ask u about how many vocabularies that we must have.. if we want to be master in english…? thanks sister…..

    • Wss. thank for visiting my blog ya.. ^_^
      Well, talking about vocabulary, actually it used to be my research for my thesis. To understand common English, a learner must have at least 2000 words in high frequency list namely General Service List or GSL. You can search it in google or wikipedia. If learner can master or memorize the all the words in the list, he/she can understand most common listening or reading text and can produce common speaking and writing. But, for mastering English, learner should increase more-more untill thousands of words even about a specific science like science, social, politics, or business.
      However, mastering 2000 words, I think it’s enough to make a good communication and study many books.

  24. assalamualaikum…..
    aku liat di fb, kakak dr palopo ya…alumni mana?sy jg berasl dr palopo
    kebetulan sy dah kls 3 dan mau ngambil jurusan sastra inggris di unhas, makanya nyoba jalur bebas tes, siapa tau lulus….amin
    but, the problem is, now i’m confused to choose it?, coz sometimes, i think “isn’t that the right choice?” n besides, i want to be a master of english (it’s the same with u), i also want to be a lecturer one day….but, i’m not really interested to enroll in the english literary education?
    so the question is, can i still become a lecturer, if i keep to choose dapartment of english?

    • Wa’alaikum salam. Iya dek, saya dari Palopo juga. Tapi saya alumni SMAN 5 Makassar.
      Well, considering about your ambition to be a lecturer of English, i also had the same question in the past, but it has been answered by my Professor. He said that he didn’t enter an education department but he could be a lecturer. Being a lecturer today we must at least finish our master degree first.
      Jadi jangan khawatir dek, kalau Tuhan menakdirkan adek jadi Dosen pasti jadi Dosen. Tapi harus memenuhi prosedur yang ada. adek belajar sungguh-sungguh, tekuni ilmunya dan bulatkan tekad. Insya Allah sampai pada target. ^_^

  25. Hi…… very nice to know you
    I graduated from UNHAS in 2003, now I am in military……………………………..
    I wish we could meet one day…………..

  26. one more comment, I was a student of English Department UNHAS…..I was accepted in military because of my english background……… I do agree with your statement ” MENUNTUT ILMU DI SASTRA INGGRIS”…………. Guys… be proud of being a student of English Department, because there are so many jobs are waiting for you outside……… trust me…

  27. Assalamu alaikum :)
    it’s a really interesting blog hehe . I’m eky now i’m in the second grade of senior high school . I want to ask you something . Actually i’m really interested to learn about language especially for english . And from many subject in my school , just english that i like most and i can . And someday i want to continue my study in unhas especially in english literature . But now i still confused about the jobs that we can get if we take english literature .

  28. Hi uchie,,am so glad 2 find out that there’s ED Student blog here in the web, am also graduated from Unhas ED Class 95, I do agree with u & our friend from military that being ED student is good choice for carrier prospect as long as we can still have the spirit to learn things especially other new foreign languages (not just English) & love it so don’t have much burden to finish our study in ED & broaden our perspective as well, like me for example, I work for local government as official translator & admin staff, keep up the good work on this blog & send regard for all friends in Unhas English Department, ok? Take care..

  29. mba, aku suka postnya :)
    aku juga niat bgt mau kliah jurusan sastra inggris
    tpi mba, orgtua ku mau masukin aku di skolah yg bukan maunya aku mba.
    gimana y mba? kalo melawan orgtua kan dosa.
    tapi kalo kita masuk ke jurusan yg bukan keinginan kita juga nyesek rasanya mba.
    saran dong :)

  30. AssaLamuaLaikum…Kak Aku baru aja lulus di Sastra inggris lewat Jalur Bebas Tes…tapi jujur kak kemampuan B.inggrisku masih kurang…apa kuliah di sastra inggris itu hari-harinya berbicara pake B.inggris???Aku takut bikin malu kalo ga mengerti…dan Mohon saran-sarannya kak gmn agar mampu belajar B.ING dgn baik…

  31. Assalamualaikum kakak, Saya maba UniversitasHasanuddin di Jurusan Sastra Inggris. Benar sekali apa yang kakak katakan, bahwa belajar di fakultas ini pasti selalu bisa mendengar kata-kata indah setiap harinya. We’ll be keep fighting and be the best! Caterpillar 2011 :)

  32. Halo.. tulisannya menginspiratif, terimakasih dan do’akan saya moga dalam waktu dekat ini bisa langsung kuliah sastra Inggris, kalo boleh minta share, dalam kuliah sastra inggris gimana sih kiatnya biar lancar dan nggak males2an atau ada masa2 mata kuliah tersulit..

    salam dari saya Kupu Ngaeran di Depok City ;-)

    btw itu ikon artis koreanya kalo bisa dibuang saja mengganggu ;-P

  33. ass … saya juga sedang bimbang memilah milah jurusan niih .
    saya adalah pecinta sastra (yaa meskipun ecek ecek) .
    saya juga pecinta english . pelajaran yang menyenangkan untuk saya .
    tapi tidak pernah saya pungkiri, saya juga ingin seperti teman2 saya. karena saya adalah siswa kelas 3 ipa . rata2 teman2 saya melanjutkan studi ipa mereka . dengan masuk jurusan kedokteran, farmasi, atau yg lainnya. tapi saya ??? sangat bertolak belakang sekali dengan mereka . sempat berpikir untuk mengikuti mereka , tapi saya takut saya tidak mampu . meskipun di beberapa peljaran ipa saya tidak begitu memalukan (kecuali matematika yang selalu remed) . setiap ada input baru tentang plus minus sastra inggris, saya jadi labil . kadang2 saya berpikir. untuk apa belajar bahasa toh di semua jurusan juga akan di pelajari. yang pasti yang membuat saya tergiur dengan jurusan ini adalah saya bisa mengekspresikan jati diri saya. apalagi prospek nya katanya bagus meskipun butuh kerja keras (saya yakin semua juga begitu) tapi ada juga yg bilang prospeknya jelek . karena semua orang sekarang sudah bisa bahasa inggris. . minta sarannya yaaaa ..

    • Wah sama. Saya dulu juga anak IPA. Tapi potensi emang dari kecil bahasa. Untungnya orang tua tahu potensi saya dan diarahkanlah saya ke sastra inggris. Coba perhatikan tulisan saya inih, persis sama problema kamu. Saya dulu mang sempat GALAU. Teman2 pada lomba2 masuk kedokteran, FKM, Farmasi, saya cuma di sastra Inggris. Tapi jangan salah. Semua berasal dari bahasa dan dengan bahasa kita bisa juga menaklukkan dunia. cieeh. Pokoknya yang nentuin masa depan kita itu bukan Nama Besar Kampus, bukan Prestise Fakultas atau jurusan, tetapi kemampuan kita sendiri. Coba bayangin kalo Jackie Chan masuk jurusan Teknik Sipil, atau Mariah Carey kuliah Kedokteran, dan yang lainnya. Mereka besar karena passion mereka. Mereka mengikuti kata hati dan kemampuan mereka. Kalo passion kamu atau ketertarikan kamu, skill kamu di bahasa Inggris, yha kelola lah dengan baik. Semua berawal dari minat, kemudian tekad dan usaha. Dari Nol. Seorang polisi pun bisa tiba-tiba jadi penyanyi kalau tahu passionnya di musik. Coba perhatikan orang2 yang beralih profesi, banyak yang sukses juga kan karena mereka tahu apa sesungguhnya yang jadi minat mereka dan skill mereka. Pokoknya percaya kata hati aja. Jangan dengan provokasi. Okeh ^_^ Sukses yah dek

    • Sebelumnya dah banyak yang nanyain ini juga. Jadi baca aja komentar2 di artikel ini. Mudah2an ada informasi lain juga yang bisa kamu dapatkan. Okeh. Sukses ^_^

  34. ass…
    aku sindi mbak,, aku baru llus sma dan pgen nglanjutin kuliah . . .
    jjur aku tertarik banget sama bhs.inggris,nilai inggrisku juga lbh nonjol dr nilai2 mapel yg lain. . .
    aku ikut SNMPTN tulis kmren,tp aku ga yakin llus krn aku lemah di matematika. . .
    pertanyaanya,aku mau ambil Sasing d UTY ..tp akreditasinya masih B,menurut mbak gmna ??apa aku cari PTS yg akreditasi sasing.nya A???

    • Kayaknya gak perlu. Cari aja PTS yang kualitas jurusan Bhs. Inggrisnya diakui. Coba tanya2 sama alumninya gimana proses pembelajarannya. yang benar2 belajar yah di kelas. Sukses! ^_^

  35. Hi Ms..
    Saya mahasiswa jur sastra Inggris UIN mw jalani smtr 3.
    tp perasaan saya ga bisa ditipu…saya bukan pecinta sastra & belajar sastrapun gak pernah, karena mmng kluaran pondok salaf stlh boyong, saya iseng kog pngen belajar inggris d pare. stlh blajar d pare trus kuliah ngmbil PBI tp gk lulus. akhirnya ikud jalur mandiri masuk SI.
    karena smua sudah trlanjur jadi saya mau usaha enjoy di sastra sampai slsai. tp yng slalu ada d bnak pkiran saya, apakah saya bisa atau mampu jalani di SI ini dg sukses?, sdngkn SI itu katanya sulit.
    apa yang harus saya pelajari di sastra ini?
    jujur saya orangnya kurang suka membaca, listening english (krn sulit di pahami).
    Ms tolong kasi solusi wat saya, makash

    • Buat adek Vivi,
      Karena udah terlanjur, ikuti aja prosesnya. Belajar sastra Inggris itu gak sulit kok. Kan ada media translation yang bisa digunakan saat membaca. Klo listening, yaa itung itung sambil latihan. Kita gak cuma belajar Listening kan.. kita jg belajar writing, structure, budaya dsb.
      Saya dulu punya banyak teman yang punya kasus seperti kamu tapi mereka berusaha jalani prosesnya dan sekarang udah selesai malah dah kerja.
      Kamu sekarang gak bisa keluar klo udah semester 3. Kecuali kalo ngulang SNMPTN milih jurusan lain yang lebih kamu minati.
      Atau pindah ke universitas lain ngambil jurusan yg kamu minati.
      Tapi klo kamu milih bertahan ya sabar. Jalani aja. Belajar bareng teman, hadapi susahnya bareng teman, berjuang sama2 sampe selesai. Okey!!
      sukses! ^_^

    • Hi.. miss
      How do u do :D , i’m eka, a student from a senior high school in mojokerto, east java, i won’t be lie.. hehe ur post is very good and it makes my passion to continue my study in eng.litr. major grow UP..
      This year insyaAllah i’ll continue my study in jember univ. In eng.ltrt. major, wish me luck please..
      Once more thks.. it’s nice to read ur post.. ;)

  36. hi ms …
    saya sere,saya baru aja lulus SMA.kemaren saya coba snmptn teryata tidak lulus.
    saya mau masuk swasta tpi saya binggung mau masuk jurusan apa antara sastra inggris ama pedd.fisika.saya suka nulis tpi saya juga pgen jadi dosen fisika.
    skrng saya binggung mau masuk mana………

    • Ikuti aja cita-cita adek. Banyak kok penulis yang bukan dari jurusan sastra. Saran saya, ambil jurusan fisika aja kalau mau ngajar fisika. Karena universitas tentu mau mempekerjakan dosen yang relevan untuk mengajar sebuah mata kuliah. Okeyy ^_^ sukses

  37. ass..
    kka aku fira dari sumbar
    sekarang aku kelas 3
    bingung banget milih jurusan :(
    aku tertarik sih sama sastra inggris
    tapi apa aku mampu??
    menurut kka apa keuntungan dan nilai lebihnya sastra inggris dibanding dengan lainnya?
    bales ya kka
    makasiih :)

  38. assalamualaikum??
    kak, aku bingung. bntar lagi lulus SMA tapi aku bingung mau kuliah ngambil jurusan apa. mamah sih nyaranin suruh jadi guru, kalo jadi guru aku pengennya jadi guru biologi, tapi syangnya Universitas yang masih di daerahku ngga ada pndidikan biologi. soalnya sma mmh gk boleh yg di luar daerah aku.. yg ada cmn mtk, inggris, kwrganegaraan dll. tapi kalo mtk ngga trlalu suka, kalo mslkn aku ngmbil pnddikan inggris gmna ya? msalahnya aku ngga trlalu bsa mngnai pljran b.inggris. trus emngnya apa aja sih yg di plajari di pnddikan inggris?? apakah dari dasar lagi? atau gmna? trs biasanya di tes nya gmna?
    mkasih sblumnya kak.

  39. halo salam kenal kak…
    aku diah, aku skarang lg kuliah di STIKOM Bali jurusan sistem komputer semester awal. tapi aku ga ada niat sama sekali utk kuliah disana. ini semua keinginan ortuku. padahal sebelumnya aku udh diterima di jurusan sastra inggris UNUD lewat snmptn. tp ortuku ga memberikan respon yg bagus. mereka ga setuju aku kuliah di sastra inggris. sastra inggris itu impianku sejak lama. sekarang setelah beberapa bulan kuliah di STIKOM aku ngerasa ini bukan tempatku. tp aku ga mau bikin orang tuaku kecewa. gimana menurut kakak?

    • Mm.. agak complicated juga sih. Tapi menurut kakak.. kalau sudah terlanjur di STIKOM yah lanjutkan aja dulu. Karena gak mungkin orang tua kita nunjukin ke arah yang salah. Kakak justru kebalik, kakak juga dulu sempat pengen banget masuk di sekolah IT, karena Komputer itu passion kakak, tapi kakak diarahkan orang tua untuk masuk ke jurusan sastra Inggris, Alhamdulillah kakak jadi orang juga di bidang itu. Yang penting kita ikhlas aja sambil doa mudah2an bisa jadi seseorang setelah lulus dari STIKOM. okehh..
      Tapi kalo udah gak nyaman banget disitu, coba adek yakinin orang tua adek kalo adek gak bisa menikmati belajar di STIKOM. Adek yakinin orang tua adek kalo adek bisa berhasil jika mendalami bidang yang adek senangi. Mudah2an hatinya dilunakkan dan bisa mengerti persoalan yang adek hadapi. yahh..

  40. assalamualaikum, sy mau nanya, lagi bingung untuk ngmbil jurusan apa di kuliah nanti tetapi sy sangat tertarik dengan satra inggris bahkn peljaran favorite sy b.inggris di sekolah,sebenarnya sy juga ingin menjdi dosen sastra inggris tetapi sy jg ingin bekerja dengan pendapatn tinggi mnrut anda apakah dosen itu baik untuk sy kdepannya mhon srannya,terimksh.

  41. Assalamu’alaikum..
    Kak, sy Yusfrina siswi lulusan MAN Model di Sorong, Papua thun ini. Ada yg sy mau tanyain kak, boleh gak?
    Gini kak, sy kn lulus SNMPTN jurusan SI di UNIPA Manokwari, sy rada msh bimbang kak untk masuk disana. Yg sy rada bimbang tuh gini kak, sy tuh bhs inggrisnya msh di bwah standar, asal2an juga wktu plih disana, nantinya bkal jadi apa, dsb. Menurut kkak, apa yg harus sy lakukan supaya sy jd sreg kuliah disana?

  42. Hi kak…Sekarang aku nempuh pendidikan D3 di salah satu akademi di bidang kesehatan, tahun depan udah selesai , tapi aku sama sekali tidak tertarik untuk menjadi tenaga medis, aku lebh tertarik dan sangat tertarik ke sastra inggris sebenarnya .Apa sekarang aku sudah terlambat belum ya kak ? Sedangkan batasan untuk aku masuk PTN juga udah habis, sedangkan Sastra inggris di PTS biayanya juga selangit. Mohon sarannya ya kak :)

    • Saran saya mending lanjutin aja ilmu kesehatannya. Fokus. Nah.. sambil belajar bahasa Inggris. Jaaarang orang kesehatan yang bisa bahasa Inggris. Makanya yang bisa bhs inggris di bidang kesehatan dikatakan spesial.. ^_^ coba aja. Siapa tau dapat beasiswa ke luar negeri di bidang kesehatan wahh… hebaat… Okeh! Smangat!! Sorry for late reply

  43. Hai kak, tulisannya menginspirasi nih. Aku mau minta pendapatnya ya kak, jadi gimana pengalaman selama menuntut ilmu di sastra inggris? aku mau masuk sastra inggris juga, tapi aku takut kak, aku bisa bhs inggris, tapi untuk berbicara bhs inggris itu belum lancar, misal : orang bilang panjang lebar pake b.inggris, aku ngerti, tp bingung mau jawab apa. apa buat masuk sastra inggris harus lancar banget bhs inggris? dan aku lemah di listening. aku bingung jurusan kak -_-. orang selalu bilang milih jurusan sesuai bakat, tp masalahnya aku gak ngenal bakatku sendiri. tolong jawab yaaa kak. butuh saran, ceritain juga seputar sastra inggris ya kak, makasih^^

    • Bagus itu.. udah punya modal. Bisa ngerti cuma belum bisa produksi. In sya Allah nanti kuliah di sastra inggris udah bisa produksi. Karena kerjanya itu aja. Kita dikatih untuk banyak2 memproduksi bahasa inggris baik itu dalam reading, writing. Semuanya dilatih kok. Yang penting ada minat pasti dengan sendirinya ada usaha untuk mengasah skill agar lebih baik. Semangat!! ^_^ sorry for late reply

    • Gak papa. Yang penting udah punya minat in sya Allah nanti belajar dengan sendirinya. Banyak teman saya yang kemampuan bahasa inggrisnya maaih kurang tapi karena kuliah di jurusan inggris mau tidak mau dituntut untuk bisa dan akhirnya bisa 😉😉. Optimis ajah. Bisa kok

  44. mau tanya ka, aku kan baru masuk kuliah sastra inggris nih, tapi aku agak takut, kalo kuliah sastra inggris itu susah gak ka? dan kira2 materi apa yang paling susah di pelajarin?
    makasi ya – @BarbieSwift13

    • Wah.. Selamat yah. Gak ada yang susah kalau mau belajar dan cari informasi. Alhamdulillah bagi saya dulu mata kuliahnya mudah semua karena saya emang tertarik di setiap mata kuliahnya. Yang susah malah mata kuliah pilihan bahasa korea hehe. Soalnya yang ngajarin orang Korea asli. Gak ngerti. Pokoknya ikutin dulu aja kuliahnya yah. Semakin kuliah semakin kamu ngerti yang dimaksud dosen. Trus banyak sharing sama teman-teman dan gali informasi dari internet dan buku. Okey! Sukses yah

  45. Kak, mau nanya nih. Kalo sastra inggrisnya Unhas ada scolarship ke luar negeri gak??? Atau kompetisi2 yang bsa diikuti di luar negeri??

    • Banyak. Semua fakultas juga. Pokoknya kalau ada informasi beasiswa luar negeri, coba cari informasi di american corner, bagian kemahasiswaan sastra inggris, di papan pengumuman juga bakal ada kok informasinya. Pokoknya mahasiswa sastra inggris sering juga dapat beasiswa ke luar negeri. Pokoknya tergantung usaha mencari informasi dan penuhi persyaratannya yah. Smangat!

  46. Hai kak, thx banget karna udah menginspirasi sebelumnya.
    Aku baru lulus tahun ini, aku udah diterima di salah satu universitas jurusan pendidikan bahasa inggris dikotaku. Sebelumnya, aku emang pengen banget kuliah dijurusan inggris, karna pada dasarnya aku suka. Tapi makin kesini aku makin ragu akan “kesulitan” materi inggris di kuliahan nanti. Aku jadi takut dan nyaliku makin ciut buat ngambil inggris itu sendiri. Jadi menurut kakak apa yang harus aku lakuin?

    • Jalani dulu aja. Nanti terbiasa kok dengan mata kuliahnya. Palagi teknologi informasi makin canggih. Bakal mudah kok. Smangat yah!

  47. hallo kakkk, kak aku kan mahasiswa baru ni di salah satu univ di bali trus fakultas sastra inggris. nah kak aku mau nanyak dong, gmn sih caranya biar fasih gitu kak sama bhs inggrisnya sedangkan aku gak terlalu fasih gt kak, tp aku seneng mlajarin bhs inggris kak, ada rasa tertarik gt kalo blajar bhs inggris, help me kak kasik tips nya biar aku gak kalah jg sama yang laen :(:(:(

    • Kuncinya adalah membiasakan diri dengan bhs inggris. Biasakan memproduksi bhs inggris walau sedikit mislanya speaking atau writing. Perbanyak nonton film2 bhs inggris contohnya kartun2 aja krn bhsanya mudah dicerna. Banyak2 mendengar orang ngomong inggris. Ikuti english club biar ketemu dngan komunitas yg terbiasa pakai bhs inggris. Okey! Semangat yah

  48. kak mau nanya aku masuk jurusan sastra inggris,tapi aku gak terlalu ngerti dan paham betul tentang english.. aku cuma suka ajj sama pelajarannya.. gimana kak?

    • Masuk dulu jurusan sastra Inggris nanti akan terbiasa dengan kuliahnya dan kalau kamu punya ketertarikan yang kuat dlm bahasa inggris tentu kamu akan berusahan sampai bisa. Banyak kok teman yang awalnya gak bisa english tapi pada akhirnya karena kebiasaan belajar english, dan bergaul dengan teman2 yg bisa, perlahan-lahan juga bakal bisa kok. Smangat!

  49. hai ka, saya baru saja naik kelas 12. saya jurusan ipa. cita-cita saya sejak kecil menjadi seorang dokter. saya ingin mewujudkan cita cita itu, dan berarti saya harus masuk f.kedokteran. keinginan saya untuk masuk fk sangat kuat pada saat itu. namun mendekati kelas 12 saya tahu itu tidak mudah. sangat tidak mudah. bisikan dari sana-sini tentang sulit/kontra nya masuk fakultas kedokteran itu membuat keyakinan saya semakin terkikis setiap harinya. hingga saya berfikir untuk mengurungkan niat saya menjadi seorang dokter, dan saya akan memilih jurusan sastra inggris, karna saya sedikit bisa dan tahu tentang english. tapi saya berfikir lagi. pekerjaan saya setelah lulus kuliah sasing nanti apaa??? apa hanya guru? I dont want to be a teacher at all. I’m not that type. not to be a guide too. is there any chance to work at the bank? thankyou ka:)

    • First of all thanks for visiting my blog. Anyway, jangan putus asa dulu sama cita-cita kamu sebelum dicoba. Coba dulu yang terbaik untuk jadi dokter. Kalau misalnya rejekinya bukan jadi dokter lewat univ. Negeri, coba di univ. Swasta. Kalau misalnya memang rejekinya bukan jadi dokter, baru coba di sastra Inggris. Nah.. Kalau lulus masuk sastra inggris, coba ditekuni aja kuliahnya. Lulusan sastra Iggris bisa masuk di mana aja. Banyak teman yang kerja di Bank, jadi dosen, pegawai perusahan internasional dan sebagainya. Ntar kalau dah lulus kuliah baru semua pelang terbuka. Yang penting mau mencoba peluang itu. Dari mana aja. Okeh. Smangat yah!! Pokoknya kuliah aja dulu yang benar dimana pun kamu diterima. Insya Allah suatu saat kamu akan tahu kebutuhan kamu apa dan apa yang harus kamu kejar. Smangat! ^_^

  50. oh iya satu lagi ka, misalkan ga keterima snmptn, dan aku ikut sbmptn nya sastra inggris, itu kira kira soalnya kayak gimana ya? tentang english dan paka bahas itu atau umum? thanyou:)

  51. hi my friend just arrived in english literature .. i love english literature major .. lots of English literature entered orng say so what? What do you think of our friends sharing just friends ok .. please let me krimin phone number you can share via text message or phone ..

  52. excuse me i new student on english literature in mulawarman university can you give me some tips ?? to make some effort on my english ? specialy on grammar i’am totally bad on that, sorry for my bad english and thanks for your article it’s totally motivating me to love my course

    • Thank you so much for visiting my blog. Anyway, no other way except remembering and understand it. Because it’s a kind of formula in Mathematic. But we must produce it regularly in daily life whether in writing or speaking. Good luck

  53. hy kak.. oh ya kak.. aku baru kelas 12 SMA, begini yah kak.. sebenarnya aku belum ad apikiran kak nantix kuliah mau jurusan apa kak.. org tua suruh di SASTRA INGGRIS. aku ikut aja kak,, tapi masih bingung nantinya mau jaadi apa disastra inggris,, Hmm.. untuk sekarang ini kak mau jadi dosen bahasa inggris kak;..tapi..gimana yah kak aku mau cari hal yang baru kak selain dosen.. kak balas yah…085241889141

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s