Unsur-Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Drama “The Effect Of Gamma Rays On Man-In-The-Moon Marigolds”


Matilda

UNSUR-UNSUR INTRINSIK

Tokoh : (Tokoh Utama) Beatrice Hunsdoffer, Matilda “Tillie”, Ruth,

(Tokoh Figuran) Nanny, Mr. Goodman, Janice

(Tokoh Sentral) Beatrice “Ibu Tillie dan Ruth”

Tema : Semangat hidup anak dalam keluarga disfungsional (Tema tergantung persepsi pembaca)

Setting : Rumah keluarga Hunsdoffer (Ruang tamu, dapur, kamar) dan Sekolah

Terjadi pada pagi dan malam hari

Plot :

Drama ini menceritakan tentang seorang anak yang tidak diizinkan oleh ibunya untuk bereksperiemen di bidaing sains. Tokoh-tokohnya adalah Beatrice seorang single parent yang menjadi peminum, perokok berat, dan juga ibu yang suka sinis. Ruth adalah anak Beatrice yang menderita penyakit kejang-kejang. Matilda, atau Tillie adalah anak Beatrice yang sangat terobsesi dengan sains dan atom dan satu-satunya dari ketiga wanita ini yang terlihat normal. Mereka tinggal di sebuah rumah bekas gudang sayur-sayuran.

Meskipun Tillie sangat senang bersekolah, tetapi Beatrice sering menyuruhnya tetap di rumah untuk membersihkan kotoran kelinci dan melayani nenek tua yang buta dan tuli yang tinggal bersama mereka untuk lima puluh dollar per bulan. Beatrice selalu mengancam untuk membunuh kelinci Tillie.

Tillie menemukan peliharaan lain selain kelinci ketika ia membawa benih marigold yang diperlakukan dengan cahaya yang berbeda. Beatrice sangat marah melihat kekacauan yang dibawa oleh Tillie ke dalam rumah. Namun meskipun begitu, Tillie tetap memelihara marigold-nya sebagaimana ia merawat kelincinya.

Suatu hari ketika Ruth pulang dari sekolah, ia mengatakan kepada ibunya bahwa Tillie dan marigold-nya menjadi finalis dalam kompetisi sains, dan Beatrice akan muncul di atas panggung bersama Tillie saat ia mempresentasikan penemuannya. Beatrice jengkel, tetapi ini pertama kalinya ia merasa bangga pada dirinya.

Selanjutnya silahkan baca sendiri..

UNSUR-UNSUR EKSTRINSIK

Drama “The Effect of Gamma Rays on Man-In-The-Moon Marigolds”

Drama ini adalah drama yang menceritakan tentang disfungsi keluarga Hunsdoffer. Dalam drama ini terdapat tiga tokoh utama yaitu Beatrice, Matilda, dan Ruth. Beatrice yang menjadi sosok ibu pada keluarga ini sering memperlakukan anaknya sesuai keinginannya, seperti melarangnya ke sekolah dan memberdayakan anak khususnya kepada Matilda.

Drama ini dibuat pada tahun 1964 oleh Paul Zindel dan dipentaskan pada tahun 1970 di New York. Telah mendapatkan penghargaan Pulitzer Prize for Drama pada tahun 1971 dan di-film-kan pada tahun 1972 oleh 20th Century Fox.

Paul Zindel – Penulis Drama “The Effect of Gamma Rays on Man-In-The-Moon Marigolds”

Paul Zindel adalah seorang penulis drama, pengarang dan juga seorang guru sains. Lahir di Staten Island, New York, USA pada 15 Mei 1936 dan meninggal karena kanker paru-paru di New York City, New York, USA pada 27 Maret 2003.

Paul Zindel telah menulis 39 buku yang semuanya didedikasikan kepada anak-anak dan remaja. Kebanyakan karyanya yakni tentang remaja atau anak-anak yang tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tuanya. Beliau sendiri tumbuh di tengah keluarga yang kurang harmonis. Ia hanya hidup bersama ibunya yang bekerja sebagai perawat. Sementara ayahya tidak pernah mempedulikannya. Mungkin berdasarkan pengalamannya tersebut beliau merefleksikannya ke dalam drama atau novel. Seperti Confessions of A Teenage Baboon.

Sementara novelnya yang berjudul The Pigman yang terbit pada tahun 1968 telah menjadi bahan ajaran di sekolah-sekolah di Amerika.

Kondisi Amerika pada tahun 1960-an

Amerika pada tahun 1960-an disebuat sebagai masa kelam Amerika. Karena pada masa itu, terjadilah berbagai konflik dan demonstrasi besar-besar untuk membela hak asasi manusia. Kondisi pasca perang dunia kedua ini khususnya perang Vietnam benar-benar merupakan kondisi buruk di Amerika. Banyak mahasiswa yang melakukan protes dan pergerakan-pergerakan menuntut perubahan.

Pada masa kelam ini, Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy dibunuh (1963), Partai Black Panther terbentuk (1966), Black Nasionalis Malcolm X juga terbunuh (1965) sebagaimana Revolusional Dr. Martin Luther King Jr., (1968).

Karena protes mahasiswa yang begitu agresif mengakibatkan banyak dari mereka yang mati dalam insiden tersebut.

Pada masa tahun 1960-an di Amerika tersebut tidak hanya diwarnai oleh masa-masa kelam tetapi perkembangan-perkembangan positif juga terjadi. Sebanyak 70 juga anak di Amerika tumbuh menjadi remaja yang keluar dari budaya konservatif 50-an di Amerika dan mereka berhasil melakukan perubahan yang berdampak baik bagi pendidikan dan gaya hidup mereka.

Berdasarkan latar belakang sejarah yang terjadi pada pasa 1960-an ini, dapat disimpulkan bahwa di saat Paul Zindel menulis drama ini, anak-anak dan remaja pada saat itu sudah dapat melakukan perubahan-perubahan yakni dengan bersekolah dan memiliki pendidikan. Sebagaimana halnya tokoh remaja Matilda yang sangat sendang bersekolah dan melakukan penemuan-penemuan di bidang sains.

- Kondisi keluarga di Amerika di Tahun 1960-an

Sejak tahun 1960 sampai 1979, jumlah anak-anak Amerika tanpa ayah meningkat dua kali lipat. Satu dari lima anak Amerika pada masa itu tumbuh di dalam keluarga yang dikepalai oleh wanita. Menurut Garfinkel dan McLanahan (1986) “families headed by women with children are the poorest of all major demographic groups regardless of how poverty is measured” (p.11). . the vast majority of these families remain poor for long periods because they have very low education levels and low earning capacity. They lack sufficient child support from absent fathers and receive low levels of public aid (Garfinkel & McLanahan, 1986). Keluarga yang dipimpin oleh wanita dianggap sebagai keluarga termiskin yang akan berlangsung lama karena rata-rata mereka berasal dari latar belakang pendidikan rendah dan pendapatan yang kurang. Serta mereka kekuarangan anak yang tidak diperhatikan oleh ayahnya dan sedikit menerima pertolongan masyarakat.

Menurut Wright dan Wright (1992) ada 4 faktor yang dapat menjelaskan hubungan single-parent dengan kenakalan remaja:

1) Masalah ekonomi

2) Kurang pengawasan, control formal dan dukungan sosial

3) Hidup di tengah lingkungan miskin yang memiliki tingkat kriminal yang tinggi (McLanahan & Booth, 1989), dan

4) Meningkatnya sistem hukuman kriminal pada anak

Masalah-masalah seperti ini biasanya timbul karena tidak adanya ayah yang dapat membantu dalam menyelesaikan persoalan baik dari segi ekonomi, pengawasan dan dukungan sosial. Inilah yang dapat menimbulkan disfungsi keluarga. Dimana karena banyaknya masalah yang timbul dalam keluarga dan ibu yang memiliki tanggung jawab besar dalam mengatur keluarga tidak mampu lagi melaksanakan kewajibannya mereka pun menjadi seorang peminum, perokok berat, dan suka memperlakukan anaknya sesuai kehendaknya.

- Disfungsi Keluarga

Keluarga di mana terjadi banyak konflik, perilaku buruk, dan bahkan pelecehan di antara anggota-anggotanya. Anak-anak yang tumbuh di keluarga seperti ini cenderung berpikir bahwa hal ini normal. Keluarga disfungsional biasanya terjadi akibat kecanduan alkohol, obat terlarang, dan lain-lain oleh orang tua; penyakit jiwa atau gangguan kepribadian orang tua; atau orang tua yang meniru tingkah laku orang tua mereka sendiri dan pengalaman keluarga mereka yang disfungsional.

Berdasarkan penelitian di atas yang memaparkan bahwa sejak tahun 1960-an di Amerika sudah banyak wanita menjadi single-parent tanpa kepedulian lagi dari mantan suaminya sehingga timbullah disfungsi keluarga yang mengakibatkan anak-anak tidak mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Bisa disimpulkan bahwa pada masa drama “The Effect of Gamma Rays on Man-In-The-Moon Marigolds” dibuat, sudah banyak disfungsi keluarga dikarenakan kasus single-parent dan masalah-masalah yang ditimbulkan.

Menurut Dr. Dan Neuharth salah satu ciri dari disfungsi keluarga adalah orang tua yang mengisolasi anaknya atau tidak mengizinkan anaknya berhubungan dengan dunia luar dan biasanya anak-anaknya dilarang untuk mengembangkan potensi dirinya serta tidak mengizinkan mereka berbicara atau mengeluarkan pendapat.

Inilah yang terefleksi dalam drama “The Effect of Gamma Rays on Man-In-The-Moon Marigolds” dimana Matilda yang sering diisolasi oleh ibunya dan dilarang kesekolah bahkan untuk mengembangkan potensi dirinya.

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Family_dysfunction

http://www.strengtheningfamilies.org/html/literature_review_1993.html

 

Tugas ini belum tentu benar. Hanya sekedar pendapat dari penulis. Perlu persepsi sendiri dari setiap pembaca drama tersebut.

picture source: di sini

Photobucket

About these ads

19 thoughts on “Unsur-Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Drama “The Effect Of Gamma Rays On Man-In-The-Moon Marigolds”

  1. bagus!!!! tapi alangkah lebih bagus lagi kalau menyertakan contoh dalam naskah drama Indonesia juga sehingga bisa dijadikan pembanding keduanya. tx

    • Makasih banyak :-). Saran2nya akan dipertimbangkan. Insya Allah nanti diusahakan mencari naskah drama Indonesia.

  2. Assalamualaikum , thank you , artikelnya . kak , unsur ekstrinsik drama itu apa aja ,,, ?? BTW , kakak orang makasar ya ? aku tahun depan mau pindah ke sana , SMA aku di sana .,., ibu aku akan kuliah lagi di S3 universitas hassanudin makasar . skarang aku stay di semarang , jawa tengah. visit blog ku juga ya , thanks http://a-jelajahnews.blogspot.com

    • wah.. Ditunggu kedatangannya di makassar. Ku juga kuliah s2 di unhas. Bisa ketemu ibu kamu tuh di kampus. ^_^. Ohya unsur ekstrinsik itu adalah unsur2 luar drama. Seperti faktor2 yg kira2 mempengaruhi penulis atau pngarang saat membuat drama atau karya sastra itu. Misalnya pengarang membuat naskah drama di tahun 1954, nah teliti kondisi ekonomi atau politik negaranya atau sistem pendidikannya saat itu. Pokoknya bsa dlihat dr brbgai aspek deh. Contohnya ada kok d blog. Btw, blognya keren juga dek. kpn2 mampir d blogku lg ya. :D

  3. Assalamu’alaikum..
    Uchie, tulisan kamu ttng Unsur intrinsik dan ekstrinsik pada drama “The Effect of Gamma Rays on Man in The Moon Marigolds” sngt brmanfaat.. tolong postingin drama’y donk..
    mksh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s